cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Habitat
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 08535167     EISSN : 23382007     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 30 No. 1 (2019): April" : 5 Documents clear
Strategi Komunikasi Ketua Dalam Meningkatkan Eksistensi Kelompok (Kasus di Kelompok Tani Sidodadi di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur) Agus Subhan Prasetyo; Reza Safitri; Kliwon Hidayat
HABITAT Vol. 30 No. 1 (2019): April
Publisher : Department of Social Economy, Faculty of Agriculture , University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.habitat.2019.030.1.4

Abstract

Strategi komunikasi yang tepat akan menjadikan anggota mampu menerima dengan baik pesan yang disampaikan oleh ketua. Kasus di kelompok tani Sidodadi di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur, keberhasilan kelompok tani bergantung pada bagaimana ketua kelompok tani Sidodadi memaknai tanggung jawabnya sebagai pemimpin kelompok tani. Apabila ketua kelompok tani Sidodadi mampu memaknai hal tersebut, maka akan berdampak pada tingkat tanggung jawab ketua, sehingga keberhasilan kelompok tani Sidodadi akan mudah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi dan hambatan ketua dalam meningkatkan eksistensi kelompok tani Sidodadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif kualitatif. Proses analisis data dimulai dengan menalaah seluruh data yang didapatkan dari hasil wawancara dan pengamatan yang sudah ditulis dalam catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa ketua kelompok tani Sidodadi memaknai perannya sebagai pemimpin kelompok tani yaitu, sebagai pemimpin harus mampu menjalankan tugasnya dengan jujur apa adanya dan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan kelompok tani. Oleh karena itu, ketua kelompok tani Sidodadi melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan eksistensi kelompok tani. Strategi komunikasi yang dilakukan ketua kelompok tani Sidodadi yaitu komunikasi dialogis dan komunikasi interpersonal.
Studi Pembiayaan Mikro Petani Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Kredit Formal dan Kredit Nonformal Destyana Ellingga Pratiwi; Mas Ayu Ambayoen; Andrean Eka Hardana
HABITAT Vol. 30 No. 1 (2019): April
Publisher : Department of Social Economy, Faculty of Agriculture , University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.habitat.2019.030.1.5

Abstract

Akses terhadap sumber-sumber permodalan masih menjadi masalah utama yang dihadapi oleh petani-petani di Indonesia yang mayoritas memiliki lahan yang sempit dan dianggap tidak bankable oleh lembaga keuangan pemberi kredit. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengaruh akses pembiayaan mikro terhadap peningkatan kesejahteraan petani dengan mengamati perilaku petani dalam menggunakan modal yang diterimanya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembiayaan mikro oleh petani hortikultura di Jawa Timur 2) menganalisis faktor-faktor apakah yang dipertimbangkan petani hortikultura di Jawa Timur dalam memilih lembaga keuangan. Metode penentuan lokasi penelitian dilaksanakan di dua lokasi yaitu Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dan Desa Ngadirejo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Kedua lokasi dipilih karena merupakan sentra produksi hortikutura di Jawa Timur. Penentuan sampel yang akan digunakan berdasarkan rumus Slovin dengan metode sampel bertingkat proposional. Total sampel pada penelitian ini sejumlah 160 petani. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik (logit). Lembaga keuangan formal mencakup bank pemerintah dan bank swasta. Sedangkan lembaga informal yang melaksanakan penyaluran dana kredit mikro adalah pihak swasta atau lembaga-lembaga berasal dari lingkungan petani itu sendiri.Mayoritas petani secara umum mengetahui bahwa tingkat bunga sumber pembiayaan formal memang lebih rendah, namun prosedur administrasi dinilai sulit. Berdasarkan hasil regresi untuk faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam memilih pembiayaan mikro formal atau informal diantaranya pendidikan, lama usaha, dan bunga, besar pinjaman.
Pekerjaan Alternatif Sebagai Strategi Adaptasi Nelayan terhadap Perubahan Iklim (Studi Kasus di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo) Moh. Shadiqur Rahman; Hery Toiba; Anthon Efani
HABITAT Vol. 30 No. 1 (2019): April
Publisher : Department of Social Economy, Faculty of Agriculture , University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.habitat.2019.030.1.1

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dampak pekerjaan alternatif sebagai strategi adaptasi perubahan iklim terhadap pendapatan nelayan. Propensity Score Matching (PSM) adalah metode yang digunakan, dengan tujuan untuk memperoleh nilai dari dampak pekerjaan alternatif terhadap pendapatan nelayan tanpa adanya bias dari setiap responden. Responden dalam penelitian ini yaitu nelayan kecil di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Hasil analisis menunjukkan bahwa pekerjaan alternatif memiliki dampak positif terhadap pendapatan nelayan. dimana nelayan yang melakukan pekerjaan alternatif memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibanding nelayan yang tidak melakukan pekerjaan alternatif. Hal ini menyiratkan bahwa perlu adanya pemerataan informasi terhadap seluruh nelayan terkait pentingnya melakukan pekerjaan alternatif.
The Strategy for Implementing Agricultural Extension Based on Cyber Extension in Malang Raya Region, Indonesia Sabir Sabir; Sugiyanto Sugiyanto; Keppi Sukesi; Yayuk Yuliati
HABITAT Vol. 30 No. 1 (2019): April
Publisher : Department of Social Economy, Faculty of Agriculture , University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.habitat.2019.030.1.2

Abstract

This study aimed to formulate a strategy for implementing agricultural extension based on cyber extension in Malang Raya region. This research was conducted in Malang raya region using purposive sampling technique. The analysis used to determine strategy priority for implementing agricultural extension used SWOT analysis. Based on internal analysis (IFAS) and external analysis (EFAS) implied that the position of cyber extension utilization by agricultural extension workers in the Malang Raya Region was in the area of strategy I, namely Aggressive Strategy. This depicted that the strength possessed can take advantage of opportunities and improve weaknesses optimally, so the determination of the strategy for optimizing the use of cyber extensions was more directed at aggressive strategies. Based on this study showed that the measures should be implemented such as the implementation of legislation has the greatest contribution, optimization of the utilization of information technology devices, optimization of utilization of the agricultural extension centre in each sub-district, and increasing competency and the professionalism of administrators in accordance with their respective duties and authorities.
Analisis Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah Yogurt Sehati Purwokerto Siti Mudmainah; Yuksan Wahyudi
HABITAT Vol. 30 No. 1 (2019): April
Publisher : Department of Social Economy, Faculty of Agriculture , University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.habitat.2019.030.1.3

Abstract

Yogurt sebagai salah satu produk olahan susu sudah banyak beredar dan diproduksi oleh industry besar, maupun industry rumah tangga/UKM. Pengembangan UKM yogurt membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga dan kesejahteraan. Tujuan kegiatan ini adalah mennganalisis pendapatan UKM yogurt Sehati yang telah mendapatkan pendampingan melalui transfer pengetahuan dan ketrampilan dalam pengolahan susu menjadi produk yoghurt dengan berbagai varians kemasan. Penelitian ini dilaksanakan di UKM Yogurt SEHATI yang berlokasi di Keluarahan Purwonegoro, Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dari bulan Maret sampai dengan Juli 2017. Model penelitian ini adalah penelitian aksi yakni dengan melakukan tindakan intervensi langsung terhadap obyek penelitian melalui transfer teknologi, kemudian diukur perubahan dari sisi income setelah proses transfer teknologi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan income dan praktik dalam produksi yogurt dengan berbagai varians rasa dan kemasan. Terjadi peningkatan volume produksi yogurt rata-rata dari 5 L per hari meningkat menjadi 25 L perhari dengan variasi produk bermacam-macam. Perubahan kemasan produk berpengaruh positif terhadap persepsi dan minat konsumen yogurt. Perluasan jaringan pemasaran dilakukan dengan menggunakan system pemasaran online dengan menggunakan media sosial dan fanpage facebook. Berdasarkan analisis pendapatan diperoleh nilai keuntungan bersih Rp 26.776.943/tahun. Analisis efisiensi usaha menunjukkan nilai R/C ratio sebesar 1,07 dimana setiap Rp 1.000 atas biaya keseluruhan yang dikeluarkan maka akan memberikan penerimaan sebesar Rp 1.070 sehingga usaha tersebut layak untuk dijalankan karena jumlah penerimaan yang lebih besar dari biaya total.

Page 1 of 1 | Total Record : 5